Friday 16 July 2010

PERJALANAN KE BERNBURG

6-7 Maret 2010

Pagi hari bangun terasa malas sekali.. Aku seperti tidak ingin meninggalkan kota Porto. Kota yang paling aku suka diantara kota2 yang pernah kutinggali untuk belajar. Landscape-nya, sinar matahari hangatnya di saat winter, hujan, pemandangan di luar jendela kamar, metro, semua!! Akhirnya ku paksakan diri untuk bangun dan bersiap2. Aku harus berangkat ke Bernburg, Jerman untuk mengambil mata kuliah Dairy science selama tiga minggu di sana.

Jam 9 tepat kamarku sudah bersih dan siap untuk di cek.
Hari ini satpam yang jaga si Chubby!! Tapi entah kenapa dia hari ini sok2 baik. Dia gak meriksa alat2 dapur (jangan2, kalo ada kenapa2 deposit gue langsung ludes lagi..). Dia Cuma meriksa ada yang ketinggalan atau tidak. Aneh.

Setelah semua barang kita turunkan, kita menyelesaikan urusan administrasi SPRU di receptionist, lalu kita jalan ke stasiun metro Campanha yang letaknya hanya di bawah tempat tinggal kami. Perjalanan Porto-Bernburg ini direncanakan dan dikoordinir baik waktu, tiket dan pembelian oleh Dwi. Dua temanku itu tinggal aku suruh setuju dan bayar aja!! ;p

beginilah kalo naik pesawat murah... bagasi sangat dibatasi hanya 15kg!! sehingga kami memaksimalkan tas yang boleh masuk kabin (jangan tanya berapa berat tas kabin kami :D) dan juga apa yang bisa kami pakai (aku pakai dua jaket winter loh itu!!), kami sumpel2 dengan segala macam barang. Percaya deh, itu jaket mas bakti membantu sekali, banyak kantong, dan isinya kurang lebih separuh lemarinya honeylet!! ahahahahaha....

Okeh, jadinya kami berangkat dari Campanha jam 10 karena Honeylet ternyata belum beli tiket metro dan harus ngantri lama banget. Sampe bandara ternyata pesawatnya delay satu jam!! Oh my God, kita belum makan siang.. ya sudah. Berangkat dari porto jam 12.40 siang.

bukannya mau promosi, tapi inilah maskapai penerbangan sahabat kantong kami ;D

Sampe Frankfurt Hahn airport jam 17.20. dengan terpaksanya karena gak ada bis lain, kita naik bis Ryan air dari bandara ke stasiun kereta utama Frankfurt. 12 euro. Perjalanan 2 jam.
Akhirnya sampai juga di stasiun kereta utama Frankfurt!! Setelah makan, masih ada waktu 20 menit, foto2 dulu lah ya...

biar ketara kalo udah sampe Frankfurt!! Man, akhirnya kami menyentuh Jerman!!!

Sampai di Stasiun utama Frankfurt, kita makan malam di McD. Terus kita foto2 di luar stasiun. Tepat jam 8.20 kita masuk stasiun dan langsung naik kereta, 2 menit kemudian kereta berangkat!! Fiuh!! Almost there!! Belum juga dapet tempat duduk, kereta udah jalan. Akhirnya kita naruh bagasi kita seketemunya tempat untuk naruh bagasi lalu cari tempat duduk. Tempat duduk kita sekitar 2 atau 3 gerbong setelah gerbong tempat kita naruh bagasi. Dari Frankfurt ke Halle kita naik IC. Keren keretanya!! Perjalanan selama 3,5 jam. Kehausan di kereta karena lupa beli minum di stasiun. AKhirnya terpaksa beli minum di kereta. Coke 2,8 euro!! Fiuh!!! Mahale rek!!

tempat naruh bagasi yang indah

Dalam kereta IC JErman yang sangatlah nyaman

apalagi kalo dua tempat duduk untuk sendiri ;D Sebagai Route planner Porto-Bernburg, saya berhak mendapatkan dua tempat duduk.. *padahal karena tasku gembung super parah!!

Sampai stasiun Halle. Ini motonya sambil lari.. Gila!! midnight dan kita belum juga sampai!!

Sampai Halle, keretanya terlambat. Kita sampai Halle jam 12.05. langsung lari ke jalur 11!!

meski udah telat, tapi tetep maksa foto dulu di stasiun Halle ;p

Kereta dari Halle ke Bernburg adalah HEX. Keretanya Cuma 1 gerbong!! Bener2 desa apa ya? Sampai Bernburg jam 1 malam. Taxi pun sudah menanti. Kita naik taksi ke tempat akomodasi. SAmpai di tempat akomodasi, landlord, mui dan amp sudah menanti.

Inilah kereta HEX satu gerbong yang membawa kami di tengah malam dari Halle ke Bernburg

Kesan pertama sama rumah ini.. ya lumayan.. dapurnya kecil.. tapi ada oven.. lumayan lah.. kita pun langsung istirahat tidur. Ah, ya!! Di Bernburg ini aku sekamar sama Honeylet.

Kesimpulan:
Setelah survei dan membandingkan dengan rute perjalanan teman2 yang lain, memang rute inilah yang paling cepat dan paling murah!!! Hebat!!! Congrats dan thanks to DWI yang merencanakan ini semua!!! Perjalanan dari Porto ke Bernburg hanya ditempuh dalam waktu 15,5 jam sudah termasuk pesawat ditunda, menggunakan hampir semua mode transportasi kecuali kapal, yaitu metro, pesawat, bus, kereta, dan taxi dengan waktu transit yang cukup!! tidak kurang, tidak kelamaan. Yang lainnya ada yang sampai menempuh waktu total perjalanan 21jam!! dan harus nginep di stasiun!! aduh... menyedihkan... :D

TIPS:
1. kalo beli tiket pesawat, minimal 1-2 bulan sebelum keberangkatan.. dijamin dapet murah.
2. Berusahalah se-simple mungkin dalam membawa barang. Gak usah banyak-banyak.
3. Berhubung pesawat murah selalu membatasi bagasi 15kg (ini aja udah bayar, kalo lebih dari 15kg, bayarnya lebih mahal lagi), maka pakailah pakaian yang menghabiskan tempat seperti jas winter, masukkan semua barang yang berat-berat seperti barang2 elektronik, buku, dll di dalam tas kabin. Maksimalkan tas kabin sebisa mungkin!! Tapi ingat!! tas kabin tidak boleh lebih dari ukuran yang telah ditetapkan!!
4. Jangan membawa barang2 yang dilarang seperti lighter, benda tajam, liquid lebih dari 100ml dalam tiap kemasan dan liquid total maksimum 1lt.
5. Hindari hal hal yang membuat tas kabin kita digeledah.. Repot banget deh kalo sampe terjadi.. karena kalo kita memaksimalkan penggunaan tas kabin, maka pastinya kita sudah menatanya sedemikian rupa sehingga kalo digeledah, gak yakin deh bisa masuk lagi tuh semua barang. ;D

okeh.. ini cuma masalah jam terbang aja.. semakin sering kita travelling, pasti banyak tahu celahnya :D. Ayo kita travelling lagi!!!