Wednesday 25 August 2010

Dari Belgia

Negara ini super kecil memang jika dibandingkan dengan tetangga-tetangganya.. Tapi negara kecil ini tidak sekecil karyanya. Apa saja yang berasal dari Belgia?



1. Chocolatier. Saya bilang pembuat cokelat ya.. bukan cokelatnya. Cokelatnya sendiri sih saya yakin tidak ada perkebunan cokelat di Belgia. Belgia memang terkenal dengan para pembuat cokelatnya yang hebat sekali meramu hingga menghasilkan cokelat yang super!!

2. Tintin. Komik ini dikarang oleh Herge yang asli orang Belgia.

3. Kentang goreng. Ya! Belgian invented potato fries. But it's called "french fries" in English. Kentang goreng di belgia ini emang beda. Enak!!! Karena mereka benar2 melakukan penelitian tentang kentang goreng. mulai dari jenis kentang, saat panen, proses penggorengan, dan lain-lain. DAn aku sudah mencoba kentang goreng di Perancis, weh... gak enak!!! Kalah jauh deh sama kentang goreng alias "frieten" di Belgia.

4. KIPLING. merk ini berasal dari Belgia, tapi sekarang produknya banyak produkdi Cina.

Yang juga terkenal di Belgia, namun banyak juga di negara2 tetangga:
1. Waffle. Akarnya sih sama, berasal dari abad pertengahan. Tapi waffle (English) atau wafel (dutch) dari belgia ini khas, terutama yang dari daerah Luik/Liedge dan Brussel. Wafel dari Brussel bentuknya persegi panjang, lebih lembut. Wafel dari Luik bentuknya cenderung oval tidak jelas ;D dan aku lebih suka yang dari Luik ini.

2. Speculoos. Biskuit rasa rempah2 yang enak banget jadi temen ngopi (padahal kopi di Belgia gak ada enak enaknya..)

okeh.. sekian dulu... saya ingat2 dulu yang lainnya ya... ;p