Friday 17 September 2010

Sepedaku

Luar biasa!! Buat yang amatir dalam bersepeda, sangat disarankan untuk mengasuransikan sepedanya.

Dua bulan yang lalu, aku menyewa sepeda dari Velo. Velo adalah organisasi non-profit yang mempromosikan sepeda sebagai sarana transportasi ekologis di kota dengan mendaur ulang, menyewakan dan memperbaiki sepeda. Velo menawarkan sewa sepeda dan pelayanan perbaikan untuk siswa dan diatur sebagai sebuah pelatihan dan proyek kerja bagi kaum muda. Pada Velo kita juga dapat melaporkan pencurian sepeda dan mendaftarkan sepeda kita. Gak cuma kendaraan bermotor yang punya plat. Sepedaku juga ada plat nomornya. Bedanya, plat nomor sepeda ini letaknya di belakang, di bawah jok sepeda. Plat nomor sepedaku adalah 713. Seneng banget rasanya bisa sepedaaan di Leuven.


Aku sewa sepeda di Velo ini 108 euro untuk satu tahun dengan perincian:
37 euro biaya sewa (7-12 bulan)
50 euro deposit (kalo sepedanya ilang dan gak ketemu, deposit ini hangus! Kl utuh sepedanya pas dibalikin, kita dapat lagi 50 euro kita)
21 euro asuransi (ini dipake gak dipake, gak bakal balik duitnya.. jadi mending dipake ;D)

Sepeda yang ku sewa dari Velo ini, selain terdaftar (jadi kalo ilang, mudah ditemukan polisi--jadi kadang males ngunci sepeda ;p), tapi juga ku asuransikan 21 euro selama setahun. Sebagai amatiran, aku merasa diuntungkan sekali dengan asuransi tersebut.

Awal cerita...
Kemarin, pulang dari belanja di Colruyt, aku meleng, gak liat lubang didepan, jadilah "mak blenjenduk" walhasil kempes deh ban sepedaku depan dan belakang. Sore harinya aku paksa jalan kaki ke pom bensin di pinggir ring kota Leuven. Konon kabar dari pak lurah (ketua PPI) Leuven, ada pompa angin disana.. Pas nyampe sana, ternyata adanya pompa untuk ban mobil!! Dieng!! Kebetulan juga ketemu pak lurahnya.. malah diketawain!! sial!! Jadi aku parkir aja sepedaku semalam di tempat parkir Delhaize yang berada di belakang pom bensin tersebut, terus pulang pake bis deh.

Alhamdulillah hari ini aku dapet istirahat dari jam 11 sampe jam 1. Jadi ku manfaatkan waktu ini untuk memperbaiki sepeda. Dari kampus, aku naik bis ke Delhaize, ambil sepeda, terus jalan kaki selama 15 menit, menuntun sepeda ke Velo. Sampe sana, benar yang dikabarkan saudari Pritta, ada pompa sepeda gratis!! Langsung dengan berbekal sok tahu, aku pompa tuh sepeda.. Berhasil!! Anginnya masuk!! tapi abis itu kempes lagi!! ;( jadi langsung aja ku bawa ke atas, ke Velo-nya. Di Velo, sepedaku langsung ditangani.. Velo ini seperti ruangan besar dengan kasir di dekat pintu masuk/keluar, lalu di tengah adalah ruang sepeda dan berjajar meja kerja para montir sepeda yang jumlahnya lumayan banyak.. Jadi aku gak perlu ngantri. Aku bilang sama si montir, "Ini bang, udah aye pompa bannya, tapi tetep kempes.. pegimane dunk?". Langsung deh si montir beraksi. Tiga puluh menit, sepedaku ditangani. Ganti ban dalam depan dan belakang (kagak pake dicek dimana lubang/bocornya, langsung aja ganti baru!!), ganti ban luar yang depan, setel rem, minyakin rantai n ganti bel!! Berapa biayanya?? GRATIS DUNKS!!!


Sepeda hijauku yang sedang diperbaiki. *yeh.. si abang montir gaya pula tahu mau difoto -,-'