Saturday 16 October 2010

Main petak umpet

Jum'at kemarin saya dan teman-teman satu lab jalan-jalan ke Brugge. Kami mengunjungi pabrik pembuatan bir yang khas di Brugge (10e), lalu makan siang, kemudian main permainan petak umpet. Namanya "The Target". Nah, saya akan membahas permainan The Target ini lebih lanjut.

Ponsel sebagai alat GPS dan peta harta

Permainan ini konsepnya adalah petak umpet kucing dan tikus. Jadi satu permainan bisa dimainkan oleh 4 tim. Satu tim sebagai gangster dan tiga tim sebagai polisi yang akan menangkap gangster. Untuk ikut permainan ini setiap orang harus membayar 15e untuk menyewa alat. Permainan dilakukan di dalam kota dengan menggunakan alat komunikasi GPS untuk menentukan posisi gangster dan polisi di kota tersebut. Jadi peta yang ada di dalam alat GPS tersebut adalah peta kota Brugge, hanya saja uang dan alat2 kejahatannya fiktif. Tim gangster harus mengumpulkan uang sebanyak satu juta euro untuk bisa memenangkan permainan tersebut. satu juta euro tersebut tersebar di beberapa tempat di kota Brugge dan bisa disabotase dengan menggunakan alat-alat kejahatan seperti, bom, pisau, truk, chloroform, transmitter, dan ranjau. Gangster memiliki alat pertahanan diri berupa ranjau, jaket anti peluru, dan pistol. Sedang polisi hanya memiliki senjata dan alat pertahanan diri berupa pistol dengan tiga buah peluru. Untuk mengisi ulang peluru, polisi harus pergi ke kantor pusat yang sudah ditentukan di dalam peta. Posisi polisi di up date setiap tiga menit dan bisa diketahui oleh polisi yang lain dan gangster. Posisi gangster di up date setiap enam menit dan bisa diketahui oleh  polisi. 


Website tentang permainan ini ada di sini. Permainan ini dapat di mainkan di kota Hasselt, Kortrijk, Mechelen, Durbuy, Antwerp, Bruges, Brussels, Ghent, Leuven, Ostende, dan kota-kota besar lainnya di Belgia. Permainan ini tidak hanya tersedia di Belgia, tapi juga ada di Perancis, Belanda, Italy dan Spanyol. 

Permainan ini sangat bagus dimainkan berkelompok karena akan  memupuk kerjasama dalam tim. Sedikit membosankan jika harus menjadi polisi karena kerjanya hanya mengejar2 gangster sampai capek. Tapi sangatlah mengasyikkan jika menjadi gangster karena kerjanya adalah menaklukkan kota dengan berpacu waktu dengan polisi. Selain itu, permainan ini membuat kita mengenal kota dengan baik, belajar membaca peta dengan cepat, bermain strategi, dan berolahraga tentunya!!