Monday 2 March 2015

Rice cooker dan lemari

Pagi ini dapat kejutan tak terkira! Setelah seperti biasa ane ngungsi dari jam 3 pagi ke dapur umum, jam setengah 8 ane kembali ke kamar untuk masak buat sarapan. Kebetulan semalam gak makan malam, jadi pagi ini pengen sarapan agak berat pake nasi.
Beras ku cuci, masuk rice cooker, dan seperti biasa, rice cooker ku taruh di atas kompor besar karena kompor besar itu gak pernah ku pakai. Aku selalu pakai kompor kecil untuk masak karena panci ku juga kecil. Sambil masak nasi, aku goreng telur di kompor kecil. Kompor kecil ku nyalakan, lalu timer ku putar, barulah si kompor nyala. Lagi tengah goreng telur, tiba-tiba ku lihat kok rice cooker ku miring. Astaghfirullah!! Ternyata si mak lampir teman sekamarku itu tidak mematikan kompor besar ketika masak semalam!! Dan aku juga gak ngecek. Ini bukan kali pertama dia gak matiin kompor karena sebelumnya aku juga menemukan kompor kecil tidak dalam posisi nol. Argh!! Habislah rice cookerku. Kompor juga penuh dengan plastik leleh. Nasi gak jadi. Tamatkah sarapanku pagi ini? Hampir.
kompor besar dengan plastik yang masih mendidih

rest in peace, rice cooker yang baru kepake beberapa kali


Kamar penuh dengan asap. Untung gak ada smoke detector. Aku buka pintu dan jendela lebar-lebar. Aku koret plastik leleh sebisaku dengan pisau. Aku basahin kain dan meletakkannya di atas kompor beberapa kali. Sampai dingin dan tidak menimbulkan asap lagi. Terus dengan kecewa aku kembali ke dapur umum untuk menenangkan diri dan supaya gak ketemu si mak lampir. Males aku ngobrol sama dia. Aku masih punya kiwi dan jagung kaleng. Jagung kaleng aku panasin di microwave, kucampur dengan mentega dan susu kental manis. Di dapur umum, aku ketemu Tang, orang Cina yang aku temui pagi ini sebelum aku kembali ke kamar. Dia nanya apa cukup cuma sarapan itu? Ya engga sebenernya. Setelah ku ceritakan apa yang barusan terjadi, terus dia usul untuk beli roti dan usul dia mengingatkanku kalau aku masih punya roti sisa sarapan kemarin di kantor. Ngeluyur lagi aku ke kamar, ambil roti dan keju di kulkas, kembali ke dapur umum dan sarapan sambil ngobrol dengan Tang. Lumayan menenangkan hati setelah kecewa dengan rice cookerku yang sudah tak berfungsi itu. Setelah sarapan, aku kembali ke kamar, bersihin kompor, mandi dan siap-siap ke wisma KBRI.

Hari ini ke Wisma KBRI acara makan-makan pisah sambut staf KBRI. Selesai acara di KBRI, aku minta tolong BOS ANTO (dia selalu menulis dengan huruf kapital, jadi sebutan untuk dia supaya spesifik juga pakai huruf kapital), Demi dan Hans untuk angkut dan merakit lemari bekas yang akan ku beli di DBA. Lemarinya sudah aku tawar dan diturunin 100 kr, tapi seharusnya kata BOS ANTO bisa diturunin lagi harganya karena yang punya udah mau pindahan besok pagi, pasti dia panik kalo gak terjual, jadi harusnya lain kali (? Siapa juga lain kali mau beli lemari lagi?) bisa ditawar lebih murah lagi. Tapi gak papa.. ikhlasin aja.. wong dikasih gratis deep fryer baru juga. Yo wes lah. Setelah nurunin tuh lemari dari lantai 4 (artinya lantai 5 kalau di Indo) tanpa lift, terus kita bingung gimana cara bawa tuh lemari yang udah dibongkar ke kosan baru yang hanya berjarak 1,5 km dari tempat penjualan ini. Kita telpon buanyak nomor jasa angkut yang ada di google. Tapi semua dijawab sama radio dan dalam Bahasa Denmark. Akhirnya BOS ANTO nekat nanya mbak-mbak lewat dan nanya barangkali dia tahu nomor jasa angkut yang bisa dihubungi hari Sabtu. Eh, mbaknya bantuin niat banget loh.. baik banget deh orang Denmark tuh ternyata. Dia telponin tuh jasa angkut pake hp dia, nyambung, terus dia nanyain bisa bahasa inggris orang yang diseberang telpon, pas bilang bisa, dia kasih HPnya dan mengijinkan aku berbicara dengan telponnya. Selesai telpon, dia dapat email dari perusahaan itu dan meneruskannya ke hp ku. Jadi aku punya nomor HP dia dan dia punya nomor HP aku. Namanya Signe (a common name in Denmark, like Dwi in Indonesia :) ). Kurang dari setengah jam kemudian, mobil boxnya dateng gede banget. Mamen… ini cuma mau ngangkut lemari 1 biji doank.. Udah deg2an aja harganya bakal berapa. Ya wes lah.. tapi Cuma 2 orang yang bisa ikut di depan. Jadi aku n Demi yang ikut mbil karena kaki demi lagi sakit abis jatoh kemarin sore. BOS ANTO dan Hans jalan kaki. Alhamdulillah di kosan yang baru ada lift-nya. Setelah dua kali angkut pakai lift, masukin ke kamar juga agak ribet karena harus lewat tiga pintu: pintu masuk, pintu ke dapur, dan pintu kamar. Setelah semua barang masuk, kita mulai main ”lego”. Mikir gimana caranya masang tuh lemari tanpa petunjuk karena manualnya udah hilang. Satu-satunya petunjuk hanyalah gambarnya yang sudah jadi di web sebelumnya.

Mari kita lihat bagaimana 4 orang PhD student overqualified untuk memasang lemari ini bekerja. (mari ngakak dulu). Awalnya kita pasang berdiri. Dari bawah, penyangga 2 biji kita sambungin dengan papan dasar, kemudian papan yang paling kiri dan kanan. Gagal karena bawahnya gak kuat menyangga. Terus goyang2 juga. Terus ide berikutnya, coba masangnya dipojokan, jadi yang  menyangga salah satu bagian adalah tembok. Gagal lagi. Mikir bentar.. Ane ide, gimana kalo masangnya kita tidurin? Dengan ruangan yang terbatas, kita berdirikan tempat tidur sehingga kita punya cukup ruang untuk menidurkan lemari. Lumayan, bisa berhasil, tapi sayang ide itu muncul beberapa saat sebelum mbak Ika Resto Valby menelpon, nanya ”jadi mau makan malam di Valby gak? Ini udah malem lhoh.. gak pada kelaperan apa?”. Baru deh nengok jam tangan, ternyata udah jam 8 lewat. Ya udah lah, kita tinggal aja dulu begini. Sumpah berantakan banget itu kamar gak wujud pokoknya. Kita pun ngacir ke Valby untuk makan malam.

Subhannallah, di Valby menunya soto betawi lengkap. Mantab tenan!! Beruntung banget mas Dhoni punya istri macem mbak Ika yang jago masak ini.  Ane aja bahagia ngicipin masakannya, apalagi bojonya coba.. Alhamdulillah. Selesai makan, kita ngobrol ngalor ngidul sampai jam 10 malam dan kita harus mengejar kereta kalau gak mau kehabisan. Kita janjian untuk bertemu besok pagi jam 9 di TKP.

Minggu pagi aku naik sepeda ke kosan baru dan kehujanan di jalan. Hari ini kita lebih siap karena udah pinjem alat yang lebih advance dari mas Dhoni. Ane dateng jam 9 kurang, jaga kandang (baca, ngeringin baju dulu). Sambil nunggu yang lain, ane nyoba2 merakit sendiri sambil chatting-an sama Avie. Ternyata kita menidurkannya salah madep. Jadinya harus pake acara diganjel2 barang karena ternyata bagian depan yang menjadi dasar, tidak lurus, tapi ada bagian2 yang agak masuk, jadi harus diganjel. Dari pada bingung gimana muter baliknya, ya udah kita lanjut aja kerja dari arah terbalik begini. Setelah selesai merakit tubuh utama, kita angkat rame2 tuh lemari. Rasanya seneng banget akhirnya lemari ini bisa berdiri. Bagian terakhir yang perlu dipasang adalah pintu. Kelihatannya mudah ”tingal pintu”. Ternyata masangnya juga tidak semudah yang kita bayangkan. Jadi dengan sedikit ”cacat produksi”, yang penting tuh lemari bisa ditutup lah. Hahahaha… Lemari selesai dibangun jam 12 lewat 5 menit.
Demi in the wardrobe (Ternyata kamarku cuma segede lemari aja)

Bos ANTO memaku penyangga yang udah bokrak

Demi udah ngacir duluan karena harus ke gereja yang agak jauh. Istirahat sebentar, terus kita makan siang bareng di sekitar situ sama BOS ANTO dan Hans. Selesai makan, Hans pun harus segera ngacir ke gereja yang deket situ. Jadi tinggal BOS ANTO yang sabar nungguin ane yang makannya lelet ini. Selesai makan, BOS ANTO pulang dan ane lanjut belanja keperluan kamar di Jysk yang deket situ. Balik ke kosan baru naruh barang, terus pulang kehujanan lagi. Sampai kosan lama tepar kecapekan, kehujanan, dan males ngobrol sama mak lampir jadi langsung tidur.

Ternyata merakit lemari itu tidak mudah. Jadi harus lebih menghargai orang-orang yang punya kemampuan seperti itu. Ternyata udah belajar sampai tingkat PhD juga life skill-nya masih level anak SD. Huhuhu... Kalau di Indonesia, kita terlalu dimanjakan dengan "fasilitas" yang ada. Kita terbiasa bayar orang untuk melakukan hal-hal seperti ini. Akibatnya kita gak punya life skill untuk itu. Orang sini, dari kecil mereka terbiasa melakukan segala sesuatunya sendiri. Merakit furniture, merakit mobil, bikin rumah, memperbaiki rumah, dll. Jadi mereka terbiasa mandiri dan punya life skill yang lebih yahud daripada kita, orang Indonesia. Tapi saya bangga, setidaknya life skill saya udah nambah berkat pengalaman ini. Ahey!! Aku bisa juga merakit lemari!!