Tuesday, 3 November 2009

Paris, We're in Hurry

Di depan Musee de Louvre
31 Oktober 2009 – 2 November 2009
Tujuan : Paris

Hari sabtu jam 13.30, aku, mas bakti, honeylet, n Johnny (4 orang stress) berangkat ke gent st. pieters station. Cari tiket ke paris, mahal2 semua. Diatas 100 euro semua!! Gila!! Akhirnya kita berangkat ke brussel midi. Cari tiket disana, yang paling murah Cuma thalys 1st class : 68 euro. Belum patah semangat, kita berangkat ke brussel noord, ke kantornya eurolines, berharap masih ada tiket ke paris. Sampe sana, gak tahunya semua tiket ke Paris habis sampe 1 november… Mau tak mau kita ambil thalys 1st class deh.. Untung pas beli tiket gak diperiksa.. Naik kereta, Wuidih… keren banget… I like it!! Perjalanan 1 jam 20 menit, dapet makan lengkap pula. Salad, pear coffee, kacang n meat, minumnya boleh milih, aku pilih minute maid n coffee.. Sampe di Paris Gare du Nord sekitar jam 19.35. Terus beli tiket metro 1,6 euro n minta peta. Harusnya kita janjian di Solferino sama temennya Johnny, tapi ada salah komunikasi, jadi kita malah mampir notre dame n Eiffel dulu ;p

Di notre dame keren banget kalo malem… keliatan megah banget.. Pas di Eiffel juga mengagumkan sekali. Lampunya ganti2 dan bahkan sempat kelap kelip.. Ketemu ma orang Indonesia juga pas di Eiffel. Katrin n caroline (kalo gak salah). Terus kita langsung lanjut ke Bagneux. Pas di stasiun, kita masih naik tangga, tiba-tiba orang2 pada lari. Ternyata keretanya udah dating. Kita juga ikutan lari2, Johnny ngangkat tas aku biar aku bias lari cepet. Aku langsung lari, loncat naik ke kereta, terus honeylet, bakti, dan pintu tertutup. Aku dihalangi orang di depanku, honeylet n bakti nahan pintu sekuat tenaga supaya Johnny bias masuk, kereta udah bunyi, Johnny belum juga bias masuk, dan akhirnya honeylet mencet tombol buat buka, dan Johnny akhirnya bias masuk. Di kereta, Johnny merasa aneh. Ini keretanya bener gak sih? Aku bilang dengan yakinnya. Bener kok. Ini kea rah Robinson. Jadi harusnya lewat bagneux. Setelah dapet duduk dan mengamati setiap stasiun dimana kereta berhenti, tiba2 kita kaget!! Loh? Kok di Bagneux ga berhenti? Hua… Udah susah2 menyelamatkan Johnny, malah salah kereta. Ternyata kereta arah robinson tuh ada 2, ada yang berhenti di setiap stasiun, ada yang Cuma berhenti di stasiun2 gede. Mana kita udah beli tiket 2 kali. Karena waktunya pas banget abis.. tiket itu berlaku Cuma 1,5 jam. bête… padahal honeylet bias masuk, kita bertiga gak bisa.. jadi terpaksa beli lagi deh 1,6 euro.. Karena salah kereta, kita balik lagi ke cite universitaire. Dari sana naik lagi yang bener2 berhenti di bagneux. Sampe di Baugneux, temennya Johnny udah nunggu. Tapi kita gak bisa keluar!! Karena ternyata beda zone!! Jadilah kita mbrobos lewat bawah…

Akhirnya istirahat juga di kamar temennya Johnny. Yang cowo nginep di tempatnya Li Ting. Yang cewe di tempatnya yun Hsuan chen.

1 november, pagi jam 10 ke muse d orsay.. masuknya gratis karena hari minggu pertama tiap bulan semua museum gratis.. tapi ngantrinya panjang juga.. disana sampe jam 2 an. Terus cari makan, ternyata kalo hari minggu semua restoran di paris tutup. JAdilah mcD kita makan. Abis makan, kita ke musee du quai branly. Antrinya lebih panjang dan lebih lama daripada di orsay.. tapi tetep gratis.. mana ujan2an lagi.. di muse du quai, menampilkan barang2 artistik dari seluruh dunia. Ada patung2 khas dayak dan Sumatra loh!! Satu sisi seneng litany, Indonesia bisa dienal dunia.. satu sisi sedih juga, kenapa gak kita sendiri yang melestarikannya.. kebayang gak sih, peninggalan2 purba kala kita di jual ke sana dan mereka menjadikan itu asset yang bernilai. Berapa euro yang mereka hasilkan dengan memamerkan barang2 hasil karya indonesia?

Abis dari quai, kita ke china town, buat dinner. Abis itu kita pisah ma temen2nya Johnny, terus kita ke Eiffel lagi.. abis dari Eiffel, kita ke louvre. Liat lovre waktu malem.. keren banget!! Abis itu kita ke L’ arc de triumph. Disana juga gratis lagi msuknya. Tapi kita masuk 30 menit sebelum tutup. Jadilah kita buru2.. di L’arc de triumph, naik ke atasnya. Terus bisa liat paris dari atas.. seneng banget… saying udah malem.. jadi Cuma liat lampu… kalo siang pasti bisa liat lebih banyak lagi.. tapi seneng juga disana.. tapi duingin banget.. Tapi seneng banget karena 1 lagi mimpi ku terkabul.. Pas foto2 di Kediri, pernah mbatin, satu saat, aku harus bisa ke benteng yang benerannya di paris.. I made it!! Thanks to Allah!!

Pulang sampe rumah udah jam 12 an. Mandi terus tidur. Tgl 2 november bangun jam 8an. Tujuan utama kita cari tiket eurolines. Pas nyari kantor eurolines nya kita melewati pantheon.. Jauh banget ternyata kantor eurolines dari tempat kita turun metro. Di kantor eurolines, kita debat dulu mau ambil bis yang jam berapa. Aku sama Johnny mau ambil yang jam 5.30 karena sampe di brussel jam 10, masih bisa ngejar kereta n tram buat pulang. Tapi mas bakti n honeylet maunya pulang jam 7, nyampe brussel jam 11.. Gila aja.. udah jalan kaki seharian di paris, terus kalo sampe brussel dapetnya Cuma kereta terakhir ke gent, terus dari gent st pieters mau jalan kaki ke rumah? Honeylet jawab, aku masih bisa jalan kaki malem2.. Aje gile die.. yakin bener bisa ngomong gitu… padahal dia bawa laptop di tasnya dan itu menambah beban dia ketika berjalan. Kalo kita ambil yang jam 7, udah jalan kaki seharian di paris sampe jam 7 terus dia mau jalan kaki lagi gitu dari gent st pieters ke rumah? Makasih deh ye… Akhirnya Johnny ambil jalan tengah dengan lempar koin. Alhamdulillah.. Allah mengabulkan pinta ku.. koin memilih untuk pulang jam 5.30. tiket eurolines ke brussel 22 euro buat yg dibawah 26 tahun. Mas bakti pas 26 tahun, dia bayar 24 euro. Setelah beli tiket, kita liat ada gereja bagus menurut honeylet.. aku pribadi gak terlalu suka ke gereja.. (Ya iyalah…). Abis dari gereja Eglise saint severin, kita jalan kaki ke Notre dome lagi karena ternyata deket banget. Abis dari notre dome, kita ke Pantheon.. Sayang sekali kita gak bisa masuk karena gratisnya Cuma buat europian student. Jadilah kita Cuma foto2 di depannya aja.. Abis itu kita ke jardin de Luxembourg. Taman gitu deh.. aku solat sambil duduk disana.. senengnya.. Terus, kita jalan kaki lagi ke louvre. Disana kita gak punya banyak waktu. Tapi setidaknya kita masuk gratis setelah meyakinkan penjaga tiket kalo kota gent itu ada di belgia!! Plis deh!! Karena kita gak punya banyak waktu, kita Cuma ke tujuan utama aj. Liat lukisan monalisa!! Oh monalisa!! Padet banget pengunjung muse de louvre saat itu.. dan banyak banget turis2 yang moto2 tuh lukisan.. kenapa dia gak capek2nya senyum gak jelas gitu ya.. Alhamdulillah… Selesai dari louvre, kita langsung ke Galieni tempat bus kita berangkat. Sampe Galieni, kita cari McD lagi buat makan (ini rangkap sarapan, lunch n dinner). Setelah beli McD, kita check in. Untung gak diperiksa lagi.. sampe di bis, langsung makan mcD nya terus tidur.. pas di Lille, gak tahu kenapa gak bisa tidur lagi.. mungkin karena takut diperiksa..
Sampe di brussel jam 10.15 langsung cari kereta ke gent. Sampe rumah jam 12 tepat, langsung makan cereal karena laper berat, minum antangin, chat n cek email n facebook, telpon papa n mas dim, terus bobo deh..

Alhamdulillah.. Terimakasih ya Allah.. Kesan terakhir ke Paris? Hectic.. Cuma punya sedikit waktu, pengen semua krn udah bayar thalys mahal banget. Hasilnya: forsir n capek!!