Tuesday 10 August 2010

Terlalu cetek

Kita berhasil meraih mimpi kita karena kita mampu menggapainya atau karena mimpi kita yang terlalu cetek??

Waktu SD, aku masih inget banget, dibilangin sama wali kelas, gantunglah mimpi setinggi langit.. biar kalo meleset, gak jauh2 amat.


Memang mimpi itu juga harus realistis. Realistis disini maksudnya adalah memulai dengan langkah kecil. Misal pengen punya usaha restoran. Restoran sama warung beda loh ya... Sistem manajemennya pastilah berbeda jauh. Yang satu pake sistem, yang satu semua pake tenaga pribadi--rekoso dewe. Memang bisa warung diserahkan orang lain, kita tinggal ngatur.. Tapi kembali lagi, bahwa disini orientasinya berbeda. Ketika kita pengen punya warung, maka pola pikir kita akan terbatas pada warung kecil. Ketika itu terwujud, kita berusaha untuk menstabilkannya dan akhirnya terkungkung pada zona nyaman. Berbeda ketika kita berorientasi untuk punya restoran mahal. Meski awalnya hanya berwujud warung, tapi orientasi kita, pola pikir kita, tujuan kita masih restoran elit. Jadi kita tidak terjebak dalam zona nyaman. Tentu saja langkah awal yang harus ditempuh pun mungin sedikit berbeda.

Langkah awal kecil yang pasti dan berorientasi besar!! itu yang paling penting. Bahwa orientasi menentukan langkah selanjutnya!!