Kamis, 13 Oktober 2011

Tes Bebas Narkoba di RSUD Jogja

RSUD Jogja ini letaknya hanya di depan perumahan saya. Dulu rumah sakit ini bernama RSUD Wirosaban. Berhubung saya hendak melamar pekerjaan dan salah satu syaratnya adalah surat keterangan bebas narkoba, maka saya mencari tempat tes bebas narkoba yang paling dekat dengan rumah, yaitu RSUD Jogja. Rumah sakit ini mengalami banyak perombakan terutama dalam hal tata letak. Selain itu tidak ada petunjuk prosedur yang harus dilalui seorang pasien baru untuk bisa menikmati fasilitas di RSUD ini. Saya pun hanya bermodal banyak tanya dan muter-muter. Maka dari itu saya hendak berbagi pengalaman tes bebas narkoba di RSUD Jogja ini.

Pertama, masuk ke bagian utama atau lobby RS ini. Letaknya di sebelah selatan-timur, menghadap ke timur. (saya kira lobbynya berada di bagian yang menghadap utara).

Lalu isi formulir pendaftaran yang bisa diambil di dekat satpam. Untuk tes bebas narkoba, poli yang di tuju adalah Poli Jiwa. Jangan lupa ambil nomor antri di meja satpam tersebut. Setelah formulir terisi, klip formulir dengan nomor antrinya.

Bawa masuk ke loket 1. Letaknya di sebelah barat, lalu ke utara sedikit. Kumpulkan formulir pendaftaran di loket 1, dan tunggu nama anda dipanggil.

Setelah dipanggil, kita akan diberi quesioner, nomor antri di poli jiwa, dan nota untuk pembayaran medical check up standar sebesar Rp. 30.000,-. Lalu kita disuruh membayar di kasir yang letaknya di sebelah selatan loket 1.

Setelah melakukan pembayaran di kasir, kita menuju poli jiwa. Letaknya di paling selatan, agak ke timur sedikit.

Di poli jiwa kita akan diberi pengantar untuk tes urine di laboratorium. Laboratorium terletak di ujung utara, sebaris dengan poli jiwa. Sebelum ke laboratorium, kita disuruh membeli alat untuk analisis di apotik (bagian farmasi) yang letaknya bersebrangan dengan laboratorium. Lalu membayar alat analisis (Rp. 27.500,-) dan biaya analisis (Rp.13.500,-) dengan total Rp. 41.000,- di kasir.

Masuk ke ruang laboratorium, tunjukkan semua nota pembayaran dan alat, lalu kita akan diberi botol kecil untuk menampung urine.

Lakukan sampling urine sendiri (ya iya lah... ;p) di ruang sampling, lalu berikan ke susternya. Tips untuk sampling urine bagi wanita, (maaf) mengambil urine dengan cara dari belakang seperti cebok dengan tangan kiri. Bukan dari depan.


Hasil analisa dapat diambil +1 jam kemudian. Setelah mengambil hasil analisis, kembali ke poli jiwa untuk mendapatkan surat keterangan dari dokter.

Tes bebas narkoba selesai dilakukan dalam total waktu kurang lebih 2 jam dan total biaya sebesar Rp. 71.000,-

Pertanyaannya, saya membayar medical check up standar sebesar Rp.30.000,-, tapi kok saya tidak diperiksa apa-apa ya? Hmm...

2 komentar:

  1. Makasih Mas infonya, saya juga lagi butuh nih
    ternyata cepat juga ya, saya coba ke RSUD Wirosaban aja deh

    BalasHapus
  2. Saya barusan tes disana udah jd 109ribu totalnya mbak,hehehe

    BalasHapus