Monday 15 August 2016

Bussiness class Qatar

Subhanallah walhamdulillah wa laa illa ha illallahu allahu akbar… (100x)

Mimpi apa saya semalam. Hari ini berangkat dari Jakarta ke Copenhagen naik Qatar dan dua kali di upgrade ke kelas bisnis. Dari Jakarta ke Doha dengan Boeing 787-8 dan dari Doha ke Copenhagen juga dengan Boeing 787-8. Waktu transitt hanya sekitar 30 menit karena pesawat dari Jakarta terlambat. Begitu tiba di Doha, saya segera berlari menuju ke Gate. Gate saya cukup jauh dari tempat kedatangan. Saya tiba di Terminal B dan saya harus berlari ke terminal E4 yang mana itu juauh buanget. Tapi Bandara Hamad sekarang sedang uji coba kereta listrik yang akan membawa penumpang ke lain terminal dengan cepat. Jadi kedepannya kita gak perlu lari2 lagi menuju gate. Alhamdulillah semakin baik saja bandara Hamad ini.

Dalam artikel ini saya akan kembali mengulas sedikit tentang fasilitas yang ditawarkan Qatar pada kelas bisnis, cara bagaimana bisa mendapatkan kesempatan upgrade gratis seperti ini, dan sedikit tips berada di kelas bisnis.

Fasilitas kelas bisnis

Pada kelas bisnis pesawat boeing 787-8 milik Qatar ini terdapat 22 kursi yang akan dilayani oleh sekitar 4-6 pramugara dan pramugari. Di setiap kursi yang ukurannya jauh lebih besar dibanding kelas ekonomi dan memiliki fitur yang cukup canggih. Kursi ini dapat diatur bagian kepalanya, badannya, bagian kakinya, bagian tangannya, bagian boyoknya, dapat diubah menjadi tempat tidur yang full rata sehingga nyaman, dan ada fitur untuk pijat boyok. Selain itu terdapat layar ukuran 18/21”, meja yang cukup nyaman untuk bekerja, meja kecil untuk tempat minuman, meja siku untuk tempat buku, air mineral satu botol, full headset, dan goodie bag toiletries dari Giorgio Armani yang berisi body lotion, parfum, lipbalm dari Ritual, sisir lipat, kaos kaki, penutup mata, dan ear plug. Sikat gigi yang bagus dapat diambil sendiri di toilet. Di Toilet yang ukurannya lebih besar dari kelas ekonomi terdapat berbagai macam tisu mulai dari tisu basah, tisu toilet, tisu tangan dan tisu wajah; eau de cologne dari Ritual, Hand lotion dari Ritual, dan sabun cuci tangan juga dari Ritual.

Program hiburan yang ditawarkan juga tidak tanggung-tanggung. 3000 pilihan hiburan dengan 100 film blockbuster diantaranya yang selalu diperbaharui setiap bulannya. Tidak hanya ada lagu-lagu pop barat, india, Arab, hingga yang paling penting recital Qur’an. Subhanallah..

Wifi juga tersedia dengan membayar paket tertentu sesuai pilihan dengan harga yang sangat terjangkau mulai dari 2 USD untuk 5MB.
Bussiness class seat

Food that I ate in 2 flights
Toiletries


Bussiness class toilet


Bagaimana cara bisa upgrade gratis ke kelas bisnis?

Cara paling mudah adalah dengan membuat kartu anggota dengan gratis. Cukup dengan mendaftar secara online, kemudian kartu akan dikirim ke alamat kita. Setiap kali terbang, jangan pernah lupa untuk menunjukkan kartu anggota. Semakin banyak poin yang terkumpul, semakin banyak manfaat yang bisa didapatkan. Saya sudah menjadi anggota Qatar sejak 2011. Manfaat yang sudah pernah saya dapatkan antara lain menginap gratis semalam di hotel di Doha dengan fasilitas antar jemput ke bandara, merasakan bussiness lounge di Hamad International Airport, extra bagasi hingga 40 kg, upgrade gratis ke kelas bisnis sebanyak 3 kali, dan setahun menjadi silver member yang mana selalu mendapat priority line.

Tips untuk berada di kelas bisnis

Ketika masuk, kita akan langsung ditawari dengan berbagai pilihan minuman selamat datang, pilihan handuk basah panas atau dingin, buku menu, dan koran (terkadang piyama jika penerbangan malam hari). Setelah diberi kesempatan untuk membaca menu, kita akan disapa lagi oleh pramugari dan ditanya mau makan apa. Sebutkan semua yang ingin dipesan. Terkadang jumlah yang tersedia terbatas sehingga lebih baik pesan di awal. Tips lainnya, karena makan di kelas bisnis tidak harus berbarengan, maka kita bisa pesan kapanpun kita mau. Dan bisa juga pesan di luar yang tadi sudah kita pesan asalkan ada di daftar yang mereka tawarkan. Jadi untuk bisa menikmati perjalanan di kelas bisnis sepenuhnya, jangan malu untuk bertanya dan meminta. Jika menemui kesulitan dengan tombol-tombol kursi yang banyak sekali, atau mengalami macet, kejepit, dan lain sebagainya, jangan pernah malu untuk meminta tolong ke pramugari daripada terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Jangan lupa untuk selalu mengucapkan terimakasih dan memberi sedikit pujian atas pelayanan yang telah mereka berikan karena setiap orang senang dan merasa dihargai jika dipuji.

Sekedar informasi, Qatar mendapatkan penghargaan kelas bisnis terbaik dan bintang lima dari Skytrax sebanyak 3 kali. Selain itu, Qatar juga memiliki Bussiness Class Airline Lounge terbaik dan Best Airline Staff Service di timur tengah.

Baiklah pemirsah, itulah sedikit ulasan saya mengenai Qatar Airways sebagai pelanggan yang merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.