Wednesday 24 August 2016

Shohibul Kuliner Prajab CPNS 2016

Alhamdulillah saya diberi kesempatan yang luar biasa oleh Allah SWT untuk bisa mengikuti prajabatan pada bulan Juni-Juli 2016. Hari itu saya pulang dari kampus setelah pamitan dengan pejabat Departemen untuk kembali ke Denmark setelah survey penelitian. Dalam perjalanan pulang itu, saya ditelpon oleh pak Biyono dari bagian kepegawaian Fakultas, beliau menawari saya untuk ikut prajabatan yang akan dimulai 4 hari lagi atau 3 hari kerja setelah hari itu, menggantikan orang yang kebetulan sedang berada di luar negeri. Tanpa pikir panjang, saya yakin untuk menerima tawaran tersebut. Kebetulan feeling saya suka kuat, saya memang sudah belanja dan mempersiapkan perlengkapan perang untuk prajab sejak saya datang kembali ke Indonesia.
Hari Jum’at saya diundang pertemuan di Gedung Pusat oleh SDM UGM untuk pembekalan sebelum Prajab, sambil sibuk mengurus perijinan ke supervisor, departemen di Univ of Copenhagen dan mengubah tiket. Singkat cerita, mulailah saya mengikuti Diklat prajabatan di LPMP Jogja di Kalasan pada tanggal 14 Juni 2016, bertemu dengan 79 orang luar biasa lainnya yang sebagian besar berasal dari Jawa Timur.

Tiga minggu saya menginap di LPMP (meski tiap Sabtu sore bisa pulang ke rumah dan kembali Minggu siang). Dalam kurun waktu tiga minggu tersebut kami mendapatkan ilmu mengenai ANEKA – Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen mutu, dan Anti korupsi. Cukup banyak tugas yang harus kami kerjakan selama diklat. Tak hanya itu, kami pun harus membuat Rancangan kegiatan yang akan diaktualisasikan selama 12 hari di instansi masing-masing, membuat presentasinya serta belajar untuk ujian tulis pemahaman materi. Saya tidak akan membahas materi itu di sini. Cukup buat saya! Saya cukupkan saja. Pun selain itu, sudah banyak blog juga yang membahas mengenai materi prajabatan.

Selama prajab itu, saya punya grup yang asyik banget. Namanya Shohibul Kuliner. Kami adalah orang-orang yang suka kabur setelah jam pelajaran hingga Apel malam mulai. Atau setelah apel malam hingga #ehem.. dipanggil bu Ratih sambil pringas pringis. Kami suka makan di luar. Karena menu LPMP seriously perlu ditata. Tidak hanya dalam hal komposisi, jumlah, dan persediaan, namun juga sumber bahan makanan yang digunakan. Masak ya minum aja dibatasi. Saya, ditempat saya bekerja saja kalau penelitian pakai tikus aja, minumnya ad libitum.

Buat saya pribadi, kesan selama Prajab itu ANEKA. Aneka ilmu ANEKA, aneka makanan, aneka rupa, aneka sifat, aneka rasa, aneka persahabatan, aneka konflik, dan aneka dampak. Tapi satu yang pasti, prajab membuat saya belajar banyak. Belajar tentang ilmu ANEKA (#eeeaaa, balik lagi), belajar menghargai orang lain, belajar berhati-hati, belajar menghadapi konflik, dan belajar dewasa. Semoga persahabatan ini tak lekang oleh waktu (saya gak yakin sedalam itu sih, hahaha.. entahlah.. tapi semoga saja...). Tapi yang pasti, semoga kita semua sukses di instansi masing-masing. Saya bangga bisa mengenal kalian.
Shohibul Kuliner!!