Wednesday, 2 December 2009

Cuma ngayal aja

Cuma ngayal aja..

Gimana kalo para arsitek, sipil atau org2 teknik bisa bikin gedung (atau semacamnya) utk lahan pertanian. Gedung yang bisa digunakan utk bercocok tanam dengan segala fasilitas yang dibutuhkan utk bercocok tanam. Udara, air, cahaya matahari.. Hal ini mengingat bahwa lahan yang bisa digunakan untuk bercocok tanam semakin sedikit setiap tahun, sedangkan populasi dunia semakin meningkat dengan tajamnya setiap tahun. Populasi ini butuh makan. dan makanan adalah kebutuhan paling mendasar dan utama (baca: pertama, the most priority).

Mengingat juga bahwa pertanian tidak hanya dituntut untuk bisa memproduksi makanan (FOOD), tapi juga F F yang lain.. Feed, Fuel, Fiber, Forestry, Fisheries, Farma, Flowers, Fun..

Betapa beratnya beban tanah itu.. dia harus memproduksi banyak untuk mencukupi kebutuhan, padahal luas permukaannya kecil. Akhirnya pertanian diusahakan intensif. Saya tidak menyalahkan agriculture yang intensif DENGAN CATATAN tidak merusak lingkungan. MAsalahnya yang terjadi adalah sistem pertanian yang intensif juga intensif dlm menggunakan bahan kimia seperti pupuk dan pestisida.. Nah jalan keluar yang menggiurkan memang GMO. Tapi OMG, GMO masih banyak diperdebatkan keamanannya..

Kalo memang permasalahannya luas permukaan tanah yang bisa digunakan untuk bertani, bisa gak ya bikin lahan pertanian bertingkat?

Gent, 2 Desember 2009