Sunday, 6 September 2009

Demonstrasi di Gent

Kemarin pagi, jalan2 ke centrum sama mui, amp, honeylet, dan mas bakti. samapi di river, banyak banget kendaran gede2. ku pikir lagi ada festival... Penasaran banget, akhirnya aku tanya orang disitu... Dia seorang dosen geografi. Dia jelasin kalo ini laghi demo. para petani demo menuntut harga yang pantas untuk hasil pertanian mereka. karena hasil pertanian mereka dihargai murah banget... anehnya, demo disini, yang demo para petani, tapi yang dateng kebanyakan turis.. gak heran dunk kalo aku kira ini festival mobil gede.. semacam traktor gitu deh.. rodanya setinggi aku... jadi yang demo cuma mobilnya aja. karena petaninya kerja dirumah mereka masing2. Mobil2 gede ini (what should i call it?), dateng dari berbagai kota di belgia. umunya dari daerah pinggiran yang banyak sawahnya.. pertanyaanya, mbawanya ke pinggir sungai itu gimnaa? lha untuk mencapai pinggir sungai tuh banyak tangga...

beda dengan di indonesia. kalo demo ribut banget, orang yang demo banyak, berisik, rame, bakar2an, teriak2, dsb..

kalo di sini, yang demo cuma traktornya. terus mereka pasang vertikal banner2 yang banyak, menyuarakan aspirasi mereka. yang bikin rame malah para turis, (coz yesterday is saturday), kameramen, polisi, n helikopter yang patroli.. rada aneh, tapi bagus juga.. Traktornya yang bagus... ;p

Gent, 6 September 2009