Saturday, 19 September 2009

Rumah di Gent

Perbedaan yang paling mencolok antara rumah di Belgia (yang tinggal di kota) dan rumah di Indonesia adalah :
1. rumah mereka sempit2, tapi panjang ke belakang dan tinggi ke atas.
2. tangganya ga ada ampun... super sempit yang buat napakin kaki.. padahal kan kaki mereka gede2..
3. jendelanya gede2..
4. kalo rumah tuanya (yang mana sebagian besar masih rumah tua) gak di-lepo.. cuma bata2 aja.. kok bisa awet banget ya?
Awalnya agak bingung juga gimana mereka usung2 barang ke lantai atas dengan tangga yang super sempit seperti itu.. Lha wong pas baru dateng, angkat2 koper yang gak segede tempat tidur atau sofa aja udah repot banget... mana parahnya, tangga di kosan ku tuh muter... hiya... lebih susah lagi kan..
Tapi ternyata, aku baru liat hari ini, ada orang kayaknya sih mau pindahan. Mereka ngeluarin barang2 seperti sofa, dll lewat JENDELA. Itulah gunanya jendela besar ternyata.. Dan mereka punya semacam elevator untuk menurunkan/menaikkan barang2 tersebut.. Tentu saja elevator bukan milik keluarga yang pindahan.. Ada semacam penyedia jasa angkut seperti itu. udah sepaket sama truk containernya.. Cool..
Karena pindahan jadi terasa seperti merubah tata ruang aja karena gak perlu angkat2 super heboh sperti yang kulakukan pada koperku. Tapi kalo untuk koper doang sih ya gak perlu elevator... :D

Gent, 19 September 2009