Wednesday 11 March 2015

Pindahan Kos di Copenhagen

Adalah suatu momok yang umum bagi pendatang di Copenhagen bahwa mencari akomodasi itu susahnya minta ampun. Ada yang bilang mencari akomodasi di Copenhagen setara dengan 15 ECTS sendiri. Kenapa? Karena biaya akomodasi di sini luar biasa mahalnya dibanding kota-kota lain di Eropa. Mencari yang sesuai dengan budget Dikti  kita bukan perkara mudah. Selain itu jumlah penyedia akomodasi pun tidak banyak. Terlebih lagi kita harus bersaing dengan pencari tempat tinggal baik dari dalam dan luar Copenhagen itu sendiri. Ditambah dengan website untuk mencari tempat tinggal umumnya berbayar yang mana bukan jaminan kita pasti akan dapat akomodasi dari website tersebut. Dan harga untuk bisa mengakses kontak landlord yang mengiklan di website tersebut juga tidaklah murah. Namun ada satu website yang saya tahu untuk mencari apa saja baik barang baru, barang bekas, hingga akomodasi yang tidak perlu bayar untuk bisa akses kontak landlordnya, yaitu dba.dk. Mencari di situs gratis haruslah berhati-hati karena banyak juga yang hanya penipuan.

Saya pernah berlangganan di salah satu website untuk satu minggu (versi trial, paling murah, tapi kalau lupa unsubscribe, akan langsung tertarik otomatis untuk berlangganan yang 4 atau 6 bulan yang mana itu mahal sekali), namun tidak membuahkan hasil. Lalu saya hanya mengandalkan situs dba.dk tersebut. Dari situs tersebut saya sempat melihat 4 kamar. Hampir 5 sebenarnya, namun karena sudah teken kontrak di kamar keempat, maka saya batalkan janji setelahnya. Dari empat kamar yang saya lihat, berikut gambarannya:

Yang pertama luas 15m2, 3400 dkk per bulan, 2,3 km dari kantor, kosong blong, belum termasuk biaya lain-lain. Kamarnya baru, bersih, bagus, satu apartemen akan diisi oleh 3 orang. Dapurnya keren. Namun jika saya ambil ini maka saya harus membuang uang 2 bulan kontrak yang sudah terlanjur saya bayarkan di kosan lama. Karena kelamaan mikir, kamar tersebut tidak diberikan ke saya.

Kamar kedua, 10 m2, furnished, all (water, electricity, heater, internet) included, 3800 kr per bulan, 3,4 km dari kantor, satu apartemen hanya berdua dengan landlord 62 tahun, namun saya harus melewati “kamar” si landlord setiap kali hendak ke dapur atau kamar mandi. Saya pikir ini akan mengganggu saya dan dia jika saya hendak ke kamar mandi di malam hari. Si landlord sudah ingin sekali memberikan kamar tersebut ke saya karena saya berasal dari Asia, sama sepertinya. Karena merasa tidak nyaman, maka saya tolak. (orang pikir saya ini agak kurang waras bisa menolak kamar di Copenhagen, tapi saya merasa punya hak juga untuk itu meski resiko selanjutnya saya tanggung sendiri). Ternyata menolak sama tidak mudahnya dengan ditolak.

Kamar ketiga, 19m2, 3800 dkk per bulan, furnished, all included, 4,3 km, satu apartemen berdua dengan landlord 42 tahun, kamar mandinya kecil, wastafel Cuma ada kecil di toilet, gak cukup buat wudhu. Sebenernya lokasinya keren banget karena di tengah kota, kemana-mana deket. Alamat yang didaftrakna adalah alamat kakaknya, tidak bisa alamat dia. Tapi memang Allah mau kasih aku yang jauh lebih baik. Kamar itu tidak untuk aku karena sainganku ternyata cukup banyak juga.

Kamar keempat, 15 m2, 3800 dkk per bulan, partly furnished, hanya ada tempat tidur dan meja kecil di kamar. Kamar mandi besar, gabung dengan wc, dengan wastafel besar. All included, water, heater, electricity, internet, mesin cuci. Satu apartemen isi 5 orang. 2,6 km dari kampus, minimal sewa 1 tahun, alamat bisa didaftarkan. Tanpa basa-basi aku ambil kamar ini. Sempat sedikit ragu karena si landlord sedang tidak di Denmark, tapi karena bantuan Isabel yang juga tinggal di situ, semua berjalan lancar dengan kontrak dan pendaftaran ke komune. Alhamdulillahirabbil alamiin.. Luar biasa nikmat dari Allah. Aku dikasih kamar di lokasi yang deket dengan banyak pusat perbelanjaan besar dan yang paling penting, deket dengan makanan halal!! Udah gitu sesuai dengan inginku yang pengen punya teman di rumah 3-5 orang jadi gak kesepian. Subhanallah…

Mau tahu perkiraan biaya pindahan saya kali ini? Kira-kira begini rinciannya:
Kamar dan deposit                     7600 dkk
Lemari bekas                       400 dkk
Ongkos mobil angkut lemari       280 dkk
Sekat baru untuk lemari               199 dkk
Mobil pindahan barang               300 dkk
Panci set baru                               179 dkk
karena model kompor di kosan baru model induksi, gak sesuai dengan panci saya. (sebenernya panci saya yang gak sesuai dengan kompor model induksi)
Duvet, bantal, dll                       250 dkk
Rugi karena terlanjur bayar 1 bulan di kosan lama 4000 dkk

Jadi kira-kira total pindahan saya kali ini, tanpa menghitung kerugian kamar adalah sekitar 9208 dkk bersih. Jumlah itu setara dengan 1235 euro atau Rp 17.300.000 (xe.com, 11 Maret 2015). Padahal beasiswa saya sebulan hanya 1000 euro, itupun diterimanya tidak utuh 1000 euro karena kepotong bank korespondensi, dan pertukaran nilai mata uang yang harus terjadi 2 kali (nilainya 1000 euro, diterima euro oleh bank, tapi sudah berkurang jumlahnya karen terpotong bank korespondensi, kemudian langsung otomatis ditukar ke Danish Krone oleh bank dan dipotong biaya administrasi. Lalalala.. T,T)

Kalau kerugian kamar juga dihitung, maka  total biaya adalah 13208 dkk atau setara dengan 1771 euro atau Rp 24.720.000,- (xe.com, 11 Maret 2015)

Untuk jasa angkutan untuk pindahan, bisa pesan via telepon ataupun online di 3x34.dk. Saya tidak mendapatkan apapun dari perusahaan ini namun saya cukup puas dengan kemudahan akses yang ditawarkan karena beroperasi 7x24 jam. Hanya saja perlu hati-hati dengan sopirnya yang juga merangkap jadi tukang angkut karena kadang meski kita sudah dapat tarif dari internet, mereka suka pasang argo. Padahal seharusnya kita bayar sesuai dengan yang ada di internet jika kita sudah deal harga dengan internet atau telpon. Selain itu jaga dan awasi semua barang-barang kita sendiri. Kebetulan saya mendapatkan supir yang agak kurang beres karena setelah selesai dia menelpon saya menanyakan HP yang tidak terlihat. Lhah?? Ya mana saya tahu? Seharusnya kamu jaga barang kamu sendiri dan saya jadi merasa tertuduh kalau begini caranya.

Semoga kamar ini berkah untukku. Semoga aku diijinkan tinggal disini untuk 3 tahun kedepan. Aamiin..