Thursday 26 May 2016

Malmo, Swedia, 19 Maret 2016

Kota kecil ini menarik diluar bayangan kami. Sebelumnya, kami berpikir kota ini tidak terlalu menarik. Namun ternyata kota ini menghadirkan bangunan-bangunan tua dan modern yang cantik. Penataan kotanya juga indah. Dari Copenhagen kami naik kereta menuju Malmo selama kurang lebih 35 menit. Di bandara Kaastrup ada pemeriksaan pasport, jadi siapkan pasport. Jika memiliki uang swedish krone juga sebaiknya dibawa.

Tips:
1. beli tiket kereta dari Bandara Kaastrup supaya tidak terhambat kereta dari Kobenhavn central ke bandara. Kami mengalami keterlambatan kereta dari Kobenhavn central menuju bandara sebanyak 3 kali!! Luar biasa!
2. Beli tiket dari DSB, jangan dari SJ. Karena jika terjadi sesuatu, claim pengembalian tiketnya lebih mudah dengan DSB.

Tiba di Malmo sudah pukul setengah 12. Kami hanya punya waktu 3,5 jam untuk jalan-jalan. Kami tetap jalan2. Waktu tersebut agak mepet memang untuk mengelilingi seluruh kota, namun cukup. Begitu keluar stasiun, kami menuju Turning torso. Setelah puas foto2 di dekat turning torso, karena tidak cukup waktu jika harus masuk, kami lanjut berjalan kaki menyusuri pantai menuju Kalbadhusset. Sepanjang perjalanan, kami melihat jembatan Øresund yang terkenal itu. Jembatan yang menghubungkan Swedia dengan Denmark (Malmo dan Copenhagen), yang sebagian berada diatas permukaan laut dan sebagian berada di dalam terowongan bawah laut sehingga dari atas terlihat seperti jembatan terputus. Sepanjang jalan pinggir pantai itu juga terdapat taman. Kami segera mencari tempat duduk dan menikmati bekal yang kami bawa: mie goreng. Angin di pinggir pantai sangat kencang, kami tidak kuat berlama-lama makan di taman itu. Setelah selesai makan, kami pun melanjutkan perjalanan. Tiba di Kalbadhusset, kami tidak mandi, hanya menikmati kopi dan suasana laut di Cafe sambil menghangatkan badan. Setelah itu kami lanjut berjalan kaki menuju stasiun sambil melewati city center. City center di Malmo itu cantik. Banyak bangunan-bangunan tua khas Swedia, patung, air mancur, pusat perbelanjaan, taman, dll. Cuaca hari itu sangat cerah. Matahari bersinar cukup hangat, namun angin tidak demikian. Akhirnya tepat pukul 3.30 kami tiba di stasiun. Seperti biasa, saya sempatkan untuk membeli kartu pos di Pressbyrån, lalu naik kereta menuju Copenhagen. Hampir pukul 5 kami tiba di stasiun Copenhagen.

Kami mampir ke rumah untuk solat dan mengambil bakso lalu ke apartemen mbak Nayu untuk kumpul-kumpul makan malam bersama syukuran Dr. Dhoni.